Berbagi Cerita Dan Pengalaman Dengan Cinta

KEADAAN MANUSIA DALAM MENGARUNGI DUNIA

Suatu hari, ada seorang imam yang sedang mengalami kesusahan, beliau termenung sendiri menghadapi kesusahan tersebut. Beliau menatap langit yang penuh dihiasi dengan bintang-bintang.
“ah, alangkah indahnya langit ini, penuh dengan keajaiban-keajaiban yang hanya diketahui oleh Dzat yang maha kuasa yang telah menciptakannya” katanya dalam hati.
Ketika beliau terdiam dalam lamunannya, ada orang asing yang datang kepada beliau, orang tersebut tidak pernah beliau jumpai sebelumnya.
“Wahai Tuan, Demi Allah aku mencintaimu” kata beliau pada orang asing tersebut.
“Allah mencintaimu sebagaimana kau telah mencintaiku” jawab orang tersebut.
Kemudian sang imam menanyakan perihal kesusahan yang sedang melandanya.
“Wahai tuan, aku sedang dilanda kesusahan, tahukah engkau apa obatnya ??” kata sang imam pada orang tersebut.
”Wahai saudaraku, ketahuilah bahwa keadaan manusia itu ada 4 macam. Kenikmatan, cobaan, ketaatan dan kemaksiatan” jawab orang tersebut.
“Wahai saudaraku, ketika kau mendapat kenikmatan maka seharusnyalah kau bersyukur, ketika kau mendapat cobaan maka seharusnya lah kau menerimanya dengan sabar, ketika kau sedang dalam keadaan taat maka ketahuilah bahwa ketaatan itu merupakan pemberian dari Tuhanmu, dan ketika kau sedang dalam kemaksiatan maka ketika itu perbanyaklah istighfar memohon ampun pada tuhanmu” lanjut orang asing itu.
“Wahai saudaraku, laksanakanlah hal tersebut, bila kau laksanakan sungguh kau akan jadi seorang mufti (pencetus masalah.red) didalam dua madhab, satu madhab ilmu dhohir (agama), dan dua madhab hakikat batin (ilmu sufi).
___________________________________
Saudaraku seiman dan seperjuangan, begitulah cara hidup. Hidup itu penuh dengan teka-teki, kadang kita ada diatas, mengalami kesuksesan dan kejayaan, semua yang kita lakukan menghasilkan kesempurnaan dalam segala bidang. Janganlah kau terpana dengan hal itu, karna setelah itu kau pasti akan melalui situasi yang berbeda. Begitu pula jika kau mengalami kegagalan, yakinlah bahwa Allah akan merubah keadaan tersebut dengan melihat sampai mana kau bersabar melaluinya. Itu adalah janji Allah pada semua makhluknya. Ingatlah, bahwa hidup itu seperti air laut yang mengalami pasang surut.
Saudaraku, tahukah kau, siapa imam tersebut ?? beliau adalah Ibnu Atho’illah as-Sakandari. Seorang imam madhab maliki yang terkenal dalam bidang ilmu fiqih dan ilmu tasawwufnya. Cukuplah bagi kita untuk menirunya, insyaallah kita akan sukses melalui kehidupan ini hingga ruh kita bertemu dengan Dzat yang telah menciptakan kita. Hanya pada Allahlah kita meminta petunjuk dan hanya Allahlah yang mampu membuat kita lebih baik. Insyaallah.........
Malam jum’at, 08 oktober 2010 jam 01:08 dini hari...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More